Tugas 3 PPL

 

Nama : M. Armand Giovani

NRP : 5025211054

Kelas : PPL A

Software Architecture

     Tugas yang diberikan pada mata kuliah Perancangan Perangkat Lunak (A), yaitu terkait Software Architecture. Berikut merupakan dokumentasinya :

Referensi Jurnal
    Referensi yang saya ambil, yaitu Jurnal "Perancangan Aplikasi Web dengan Akses Mobile Untuk Sistem Informasi Penjualan Retail Menggunakan Arsitektur MVC".


Deskripsi Perangkat Lunak

Perangkat lunak yang dijelaskan dalam dokumen ini adalah aplikasi web dengan akses mobile untuk sistem informasi penjualan ritel. Aplikasi ini dirancang dengan menggunakan arsitektur Model-View-Controller (MVC) dan ditujukan untuk digunakan di Pacific Motor Bukittinggi. Aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan akses transaksi dan data penjualan bagi pemilik toko, sehingga mereka dapat memantau kegiatan bisnis dari mana saja dan kapan saja. Perangkat lunak menjalani pengujian untuk memasukkan dan menyimpan data produk, dan penelitian ini menyimpulkan bahwa aplikasi web dengan akses seluler untuk sistem informasi penjualan ritel berhasil dirancang dan diselaraskan dengan fungsionalitas yang diinginkan.

1. Sistem Arsitektur Perangkat Lunak

Arsitektur perangkat lunak sistem mengacu pada struktur dan desain komponen perangkat lunak yang membentuk suatu sistem. Hal ini mencakup pengaturan basis kode sistem, interaksi antara modul yang berbeda, dan tata letak perangkat lunak secara keseluruhan. Dalam konteks yang diberikan, arsitektur perangkat lunak sistem mengikuti pola desain MVC (Model-View-Controller), yang memisahkan aplikasi menjadi tiga komponen yang saling berhubungan:

  • Model: Komponen ini merepresentasikan data dan logika bisnis aplikasi. Komponen ini bertanggung jawab untuk mengelola data aplikasi dan merespons permintaan informasi atau pembaruan.
  • View: Komponen tampilan bertanggung jawab untuk menyajikan data kepada pengguna. Komponen ini mencakup elemen antarmuka pengguna seperti formulir, tombol, dan elemen interaktif lainnya.
  • Controller : Controller bertindak sebagai perantara antara model dan tampilan. Controller menerima input pengguna, memprosesnya, dan berinteraksi dengan model untuk mengambil dan memperbarui data. Kemudian memperbarui tampilan untuk mencerminkan perubahan.

Arsitektur perangkat lunak sistem juga melibatkan penggunaan prinsip-prinsip pemrograman berorientasi objek (OOP), seperti enkapsulasi, pewarisan, dan polimorfisme, untuk mengatur dan mengelola basis kode secara efektif. Dalam konteks yang diberikan, arsitektur perangkat lunak sistem telah diimplementasikan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data PostgreSQL, dan interaksi antar komponen mengikuti pola MVC.

2. Kebutuhan Sistem Arsitektur Informasi Perangkat Lunak

Persyaratan Sistem Arsitektur Informasi Perangkat Lunak adalah sebagai berikut:

  • Analisis Kebutuhan Sistem: Hal ini melibatkan pelaksanaan studi pendahuluan dan pengumpulan data berdasarkan studi lapangan dan literatur untuk memahami kebutuhan dan fungsi sistem.
  • Desain Sistem: Sistem dirancang dengan menggunakan diagram-diagram seperti Business Process Model Notation (BPMN), use case diagram, sequence diagram, class diagram, dan Entity Relationship Diagram (ERD). Desain juga mencakup aplikasi arsitektur seperti arsitektur perangkat lunak MVC (Model, View, Controller).
  • Implementasi Sistem: Sistem diimplementasikan menggunakan Pemrograman Berorientasi Objek (OOP) dan bahasa seperti PHP, JavaScript, dan Ajax. Basis data biasanya diimplementasikan menggunakan teknologi seperti PostgreSQL.
  • Pengujian Sistem: Sistem diuji menggunakan metode seperti pengujian blackbox untuk memastikan bahwa sistem berfungsi sebagaimana mestinya.

3. Use Case Model Perangkat Lunak 

Use Case Diagram menggambarkan berbagai aktivitas yang dapat dilakukan pengguna di dalam sistem dan bagaimana sistem merespons aktivitas-aktivitas tersebut. Diagram ini terdiri dari aktor (seperti pengguna atau sistem eksternal) dan kasus penggunaan (fungsi atau layanan yang disediakan oleh sistem). Setiap kasus penggunaan mewakili fungsionalitas tertentu dari sistem.


4. Perancangan Data Arsitektur Perangkat Lunak
Desain data arsitektur perangkat lunak mengacu pada proses mendefinisikan struktur dan organisasi data dalam sistem perangkat lunak. Hal ini melibatkan penentuan bagaimana data akan disimpan, diakses, dan dikelola untuk memenuhi persyaratan sistem. Hal ini termasuk merancang database, model data, dan aliran data di dalam sistem. Arsitektur ini juga membahas isu-isu seperti keamanan data, integritas, dan skalabilitas. Secara keseluruhan, desain data arsitektur perangkat lunak memainkan peran penting dalam memastikan bahwa sistem perangkat lunak secara efektif menangani dan memproses data.


5. Perancangan Sistem Statechart Diagram
Berdasarkan analisis kebutuhan yang telah dilakukan sebelumnya, berikut merupakan Rancangan Sistem Statechart Diagram Perancangan Aplikasi Web dengan Akses Mobile Untuk Sistem Informasi Penjualan Retail Menggunakan Arsitektur MVC






Komentar