Tugas 5 PPL

    

    Nama : M. Armand Giovani

NRP : 5025211054

Kelas : PPL A


Low Level Design 



Jurnal : APLIKASI UNTUK PEMASARAN DAN PENJUALAN PRODUK DI BAKER’S CORNER BERBASIS ANDROID

Persyaratan Fungsional:

  1. Manajemen Produk:

    • Penambahan, pengeditan, dan penghapusan produk.

    • Kategori produk yang dapat disesuaikan.

  2. Manajemen Inventaris:

    • Penyesuaian stok.

    • Notifikasi stok minim.

  3. Pemesanan:

    • Proses pemesanan produk oleh pelanggan.

    • Konfirmasi pemesanan kepada pelanggan.

    • Penanganan pembayaran dan pengiriman.

  4. Manajemen Pelanggan:

    • Informasi pelanggan (nama, alamat, kontak).

    • Riwayat pembelian pelanggan.

  5. Promosi dan Diskon:

    • Penawaran khusus dan diskon.

    • Penggunaan kode promo.

  6. Pelacakan Pengiriman:

    • Status pengiriman produk kepada pelanggan.

    • Nomor pelacakan untuk pelacakan.

  7. Laporan dan Analisis:

    • Laporan penjualan harian, mingguan, bulanan.

    • Analisis tren penjualan.

Persyaratan Non-Fungsional:

  1. Performa:

    • Responsif terhadap input pengguna.

    • Waktu respon sistem yang cepat.

  2. Keamanan:

    • Enkripsi data pelanggan.

    • Proteksi terhadap akses tidak sah.

  3. Skalabilitas:

    • Mampu menangani peningkatan jumlah pengguna dan produk.

  4. Ketersediaan:

    • Sistem dapat diakses sepanjang waktu (24/7).

  5. Interoperabilitas:

    • Kompatibilitas dengan berbagai perangkat Android.

Identifikasi Komponen:

  1. Antarmuka Pengguna (UI/UX):

    • Layar Home.

    • Halaman produk.

    • Keranjang belanja.

    • Login

    • Register.

    • Profil

  2. Manajemen Data:

    • Basis data untuk menyimpan informasi produk, pelanggan, dan pemesanan.

  3. Manajemen Pembayaran:

    • Integrasi dengan gateway pembayaran.

  4. Pemrosesan Bisnis:

    • Logika bisnis untuk pemrosesan pemesanan dan penanganan inventaris.

  5. Manajemen Sesi:

    • Otentikasi pengguna dan pengelolaan sesi.

  6. Laporan dan Analisis:

    • Komponen untuk menghasilkan laporan dan menganalisis data penjualan.

  7. Komunikasi:

    • Komponen untuk mengirim notifikasi kepada pelanggan tentang pemesanan dan status pengiriman.

  8. Keamanan:

    • Komponen keamanan untuk mengelola otentikasi dan enkripsi data.

Arsitektur Sistem

Arsitektur sistem dalam "APLIKASI UNTUK PEMASARAN DAN PENJUALAN PRODUK DI BAKER’S CORNER BERBASIS ANDROID" adalah 

  • Perangkat Keras:

        Untuk sistem komputer, prosesor minimum yang diperlukan adalah Intel Core i5-4210U, dan sistem operasinya harus Windows 10 Home. Komputer harus memiliki 8 GB SDRAM DDR3L 1333 MHz dan penyimpanan 240 GB. Dimensi/resolusi harus 1280 x 768 piksel.

        Untuk smartphone, prosesor minimum yang dibutuhkan adalah 1,6 GHz Octa-Core Cortex-A53. Sistem operasi yang digunakan adalah Android 8.0 Oreo, dengan RAM 4 GB dan penyimpanan internal 32 GB. Dimensi/resolusi harus 720 x 1480 piksel.

  • Perangkat Lunak:

        Implementasi server basis data menggunakan MySQL untuk penyimpanan data, dengan hubungan antara tabel yang berbeda.

        Untuk penyimpanan data lokal dan caching, RoomDB digunakan sebagai basis data untuk implementasi caching data lokal.

  • Jaringan Komputer

Desain Model Data

Berikut Ini Struktur Database Server


Berikut ini Struktur Database Lokal


Desain Antarmuka Pengguna

  • Halaman Home


  • Halaman Registrasi


  • Halaman Login


  • halaman Keranjang


  • Halaman Produk


  • Halaman Profil
=

Teknologi yang digunakan

Teknologi-teknologi yang digunakan dalam pembuatan aplikasi "Baker's Corner" berbasis Android adalah:

Android Studio:

  • lingkungan pengembangan terintegrasi (IDE) resmi untuk pengembangan aplikasi Android.
  • Berdasarkan IntelliJ IDEA JetBrains, Android Studio dirancang khusus untuk pengembangan Android.
  • Menyediakan alat bantu untuk pengeditan kode, debugging, dan pembuatan profil aplikasi.

Clean Architecture:

  • Digunakan sebagai solusi arsitektur dalam pengembangan aplikasi.
  • Berfokus pada penerapan prinsip-prinsip SOLID, terutama Single Responsibility Principle.
  • Memiliki tujuan untuk menghasilkan sistem yang independen terhadap kerangka kerja (framework) dan elemen eksternal lainnya, mudah diuji, dan mudah diubah.

Application Programming Interface (API):

  • API digunakan untuk integrasi antara berbagai komponen aplikasi, seperti antara aplikasi dengan framework Android, library, dan layanan lainnya.
  • Mempercepat proses pengembangan dengan menyediakan fungsi-fungsi terpisah yang dapat digunakan oleh pengembang tanpa perlu membuat ulang fitur yang serupa.

Komentar