Kuliah 11 PBKK

   Nama : M. Armand Giovani

NRP : 5025211054

Kelas : PBKK A 2023/2024 

Link source code : https://github.com/VanGarman21/PBKK/tree/main/Kuliah%2011


Pada Kuliah 11 PBKK A, kami diminta untuk membuat View Website menggunakan CodeIgniter. Berikut ini Dokumentasi Tugas Kuliah 11 PBKK :

Website CodeIgniter

1. Buka direktori workspace pada terminal laragon





2. Jalankan perintah "composer create-project codeigniter4/appstarter view_codeigniter --no-dev"





3. Setelah itu, pada gitbash direktori "D:\KULIAH\SEMESTER 5\[1] PBKK\viewci\view_codeigniter" masukkan perintah "php spark serve"






4. Kemudian, akses "http://localhost:8080/" pada browser, maka akan muncul tampilan Welcome to CodeIgniter" seperti berikut :








5. Selanjutnya, buka direktori "D:\KULIAH\SEMESTER 5\[1] PBKK\viewci\view_codeigniter" pada VSCode. Pertama-tama tambahkan Route nya :





6. Selanjutnya, modifikasi Controllers "Home.php" agar return View Home dengan code "return view('v_home')"





7. Selanjutnya, buat sebuah Controllers baru bernama "Ppdb.php" agar return View Pendaftaran dengan code "return view('v_pendaftaran')"





6. Untuk membuat View PPDB, Pertama-tama download template frontend dari https://adminlte.io/ . Setelah berhasil download, ekstrak kemudian buka template html code front-end yang ingin digunakan. Lalu, buat direktori baru bernama "template" pada "D:\KULIAH\SEMESTER 5\[1] PBKK\viewci\view_codeigniter\app\Views\template" file baru "template-frontend.php" didalamnya. Masukkan  template html code front-end kedalam file "template-frontend.php" tersebut.





7. Lalu, buat View bernama  "v_home.php" pada "D:\KULIAH\SEMESTER 5\[1] PBKK\viewci\view_codeigniter\app\Views", isi dengan kode php untuk View Home berikut :





8. Lalu, buat View bernama  "v_pendaftaran.php" pada "D:\KULIAH\SEMESTER 5\[1] PBKK\viewci\view_codeigniter\app\Views", isi dengan kode php untuk View Pendaftaran berikut :





9. Save semua perubahan yang dilakukan. Setelah itu buka "http://localhost:8080/" untuk menampilkan View Home pada browser, maka akan ditampilkan lah View Home PPDB berikut :



10. Selanjutnya, untuk menampilkan View Pendaftaran, dapat mengklik tulisan "Mendaftar" pada View Home PPDB di atas atau dengan membuka "http://localhost:8080/ppdb/pendaftaran"  pada browser. Maka akan ditampilkan lah View Pendaftaran PPDB berikut :







Komentar